Friday, March 2, 2012

2 months full of story [part 1]

It's OVER!

Tanggal 27 Februari kemarin adalah hari terakhir gue magang di BBDO Indonesia.
Sebuah pengalaman berharga dalam dua bulan menjalani hari-hari di Ibu Kota dan menjajal hidup di Jakarta yang kebanyakan orang bilang, keras.

Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, begitu orang menyebutnya.

Literally, gue dan BBDO Indonesia memang berpisah, begitu juga dengan orang-orang di dalamnya, but in deep of my heart, there's a trace. They'll be a part of my sweetest and greatest memories.

Banyak hal yang gue dapat saat gue magang dan merantau di Ibu Kota Negara kita tercinta ini,
i'll try to be strong, struggle, to live alone(jadi anak kost-an, meskipun sering sekali ga menempatinya, ha xD), bertemu dengan orang-orang baru, lingkungan baru, kerjaan baru, dan masih sangat banyak hal lainnya yang gue dapatkan selama 60 hari hidup di kota Jakarta.

Bicara soal BBDO Indonesia, perusahaan Advertising Agency yang ada di Lantai 7 Gedung Hero jalan Gatot Subroto ini punya memori tersendiri.
Gue mau coba cerita dari awal, gimana sampai bisa gue 'nyasar' di tempat ini:

Kalau orang bilang dan kadang pun gue merasakan bahwa kepo is self-dissaster alias tindakan sendiri yang membawa bencana untuk diri sendiri juga -___-, tapi untuk kedua kalinya gue mendapatkan hal luar biasa dari ke-kepo-an gue di social media.

Kalau ingat lagi posting-an gue tentang pengalaman gue ikut lomba Komunikasi di Malang Juni 2011 lalu yang gue dapatkan dengan kepo-in Twitternya Ayah Djito Kasilo (seorang praktisi advertising, sebut saja di Dwi Sapta), kali ini gue kepo-ing di Linkedin, karena memang gue sedang ngebut nyari tempat magang, jadi gue meng-connect-kan Linkedin gue ke banyak praktisi-praktisi Advertising. Dan disanalah gue menemukan tempat advertising bernama OMD -BBDO Indonesia, lalu gue browsing lah dan mencari web dari agency ini..yap..cukup menarik dan menggiurkan walaupun wenya terlihat sangat formal.It's okay! Ga ada salahnya buat mencoba, toh!

Akhirnya gue memberanikan diri untuk menanyakan contact ke orang tersebut, dan ia pun membalasnya, memberikan email HRD BBDO, yang ternyta emailnya salah.. yaa not bad lah usaha gue.hhe.

Lalu gue pun nekat mengirim email yang tertera di web tersebut, yang lain tidak bukan CEO dan Personal Assistance dari CEO BBDO Indonesia, tanpa ragu gue pun kepo dan mencari nama Ferdilla Ayu Respita di google, dan munculah nama akun twitternya, lalu akhirnya gue mention dan langsung konfirmasi email.

Se kepo dan se nekat itu memang, dan kadang inilah yang harus kita lakukan untuk mengejar apapun yang kita butuhkan. NEED bukan WANT.

Sampai akhirnya gue bisa masuk dan mencoba pekerjaan di Advertising Agency mesikpun hanya 2 bulan, ya, HANYA, rasanya gue cocok dan ingin terus lanjut, tapi apa daya skripsi, Bandung, dan tentunya keluarga pun menanti..

Di BBDO Indonesia, gue magang di divisi Strategic Planning. Gue tertarik untuk jadi Copywriter, tapi rasanya   gue ga kreatif-kreatif amat juga, dan gue adalah orang yang mau banyak tahu, tentang apapun itu, jadi gue memustuskan untuk mencoba di Strategic Planning.

Overall, it's totally fun, and i enjoyed this job.
Gue, yang hanya tahu sedikit tentang dunia Advertising, jadi banyak tahu dengan 'nyemplung' disini.

Gue menemukan banyak orang baru, dengan latar belakang mereka yang berbeda-beda, tapi yang sama dari mereka semua adalah: FUN, Adoreable, dan BEST TEAHCER in my work-ing life.
geng Strategic Planning


Mentor gue, Mbak Fara/Faya, sang geminist yang menginterview gue saat awal, yang gue kira adalah mentor yang (so sorry mbak, first impression) tegas dan sedikit galak, tapi ternyata Mbak Fara/Faya yang sangat gemini addict ini seorang yang sangat baik, ramah, 'gila', dan sedikit 'childish' :) love you deh mbak pokoknya!

Nasib seorang anak kost ini sering sekali diselamatkan oleh dewi pembawa makanan di pagi hari dan penyetok cemilan untuk 'jam lapar' di sore hari ini. Dan selama magang ini gue cukup sering ditraktir :)) luar biasa! betapa beruntungnya gue :) Dan yang gue suka adalah sama-sama suka fotografi, foto-fotonya bagus dan menarik :) #ciee

Ada juga Onisi, alias Dionisia Murti, yang ternyata orang bogor ini juga seorang teman dan mentor gue di Strategic Planning. Banyak banget ilmu yang gue dapat dari dia, juga mbak fara(selain makanan).
Onisi yang mungil dan sering dipanggil 'umbi-umbian' oleh teman kantor lainnya ini punya probadi yang unik.
Hobinya ngumpulin barang, pernah coin uang dari berbagai negara, dan sekarang ngumpulin minatur mobil mini-mini seperti hot weels, dan banyak sekali pajanganya di mejanya.
Lulusan Advertising UI angkatan 2006 ini udah 2 tahun di BBDO Indonesia, banyak pengalamannya dan ga pernah pelit untuk berbagi dengan gue anak magang. Onisi ini juga korea holic, sangat gemar nonton Running Man, dan selalu nonton Super Show SUJU di Singapore dua tahun berturut-turut. Dari mulai makanan, film, musik, sapai bahasa, semua serba korea :)
gue dan Onisi, dan cupcake di siang hari dari mbak Fay

Tim Strategic Planning lainnya ada Mas Ezra, dan Mas Ebe. Dua pak bos ini jarang berinteraksi dengan gue, tapi sekalinya ngobrol, banyak sekali petuah dan pengetahuan yang mereka share ke gue.
Mas Ebe udah senior, dan sekarang dia adi GM Energy BBDO, kurang lebih udah 19 tahun terjun di dunia Advertising, gokil, gue baru umur 1 tahun, doi udah kerja aja. hehe. gimana ga pengalamannya banyak :)
Kalau Mas Ezra, dia juga udah senior, tapi masih muda, hampir sama kaya mbak Fara. yang jelas udah lebih dari 6 tahun.
Suatu bonus kesenangan ketika anak magang dapat angpao di hari Imlek dari Om Ricky(CEO BBDO Ind)

Mas Ezra, Mbak Fara, Mas Ebe, Onisio

Pesan mas Ebe yang gue ingat adalah, ga cukup satu atau dua tahun buat lo jadi Strategic Planning. Strategic Planning ibaratnya lo harus jadi jendral, and how to get respect from others team, karena lo harus bisa untuk pitching, good presentation, and persuasion. juga jeli dengan masalah, bisnis, tentunya untuk menentukan strategi komunikasi apa yang efektif, dan untuk mendapatkan what to say! yang harus bisa lo share dengan tim creative.
Tika, Yogi, Boboy, dan Sandru, salah satu group dari creatvie

orang-orang dari divisi crative, yang pada gokil dan seru

Good time, good place, and good people.
Love, Learn, and respect with others.


That's all i have when i got internship at BBDO Indonesia,
one-stop pleasure, fun, and great place to got more knowledge.
me and BBDO Indonesia ( @PahlawanDiTujuh )




miss you all.
Best regards,


@siinyo
xoxo



4 comments:

  1. Sangat membantu sekali artikelnya :D

    Saya mau bertanya, maaf mungkin ini pertanyaan yang privasi, tapi selama di BBDO itu digaji ga ya? Soalnya saya lagi nyari tempat magang advertising agency yang digaji. Oh iya, dan apa BBDO juga membuat iklan, maksudnya sampai eksekusi seperti shooting TVC, atau membuat poster, dll. Terima kasih.

    NB : boleh dijawab lewat email saya bila memang privasi sekali hehe (anindita.adhiwijayanti@gmail.com)

    ReplyDelete
  2. Sinyoooo! gw baru nemu blog lo XD telat ya buu~
    ayo main2.. berubah total loh kantornya

    ReplyDelete
  3. kaak minta emailnya boleh nggak?
    aku juga mau intern as a copywriter tapi bingung harus kirim kemanašŸ˜¢

    ReplyDelete
  4. maaf mbak aku mau tanya ngomong2 magang di bbdo per harinya salarynya berapa yah mbak yah,makasih,mohon dibantu jawab,,,

    ReplyDelete